KEGIATAN PBAK 2019 FAPERTAPET

IMG_1821Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) adalah  Kegiatan  bagi mahasiswa baru untuk memberikan pengenalan proses pendidikan di lingkungan UIN Suska Riau dan menjadi persyaratan penyelesaian studi serta persyaratan menjadi pengurus lembaga mahasiswa. Tahun sebelumnya kegiatan PBAK diselenggarakan oleh mahasiswa ditingkat Universitas dan Fakultas, namun PBAK 2019 kali ini diselenggaran oleh dosen dan tenaga kependidikan di masing-masing Fakultas. Dengan kesempatan ini, Fakultas Pertanian dan Peternakan (fapertapet) UIN Suska Riau dengan motto “Agamis, Inovatif dan Berakhlakul Karimah” melaksanakan kegiatan PBAK tersebut selama 2 (dua) hari yakni  pada hari rabu dan kamis tanggal 21 s/d 22 Agustus 2019  di ruang Auditorium Islamic Centre UIN Suska Riau dengan jumlah peserta dari Program Studi (prodi) Peternakan berjumlah 125 orang diantaranya laki-laki 95 orang dan perempuan 30 orang. jumlah peserta dari Prodi Agroteknologi berjumlah 178 orang diantaranya laki-laki 105 orang dan perempuan 73 orang dan jumlah peserta dari Pprodi Gizi berjumlah 99 orang diantaranya laki-laki 7 orang dan perempuan 92 orang. Sehingga total seluruh peserta berjumlah 402 orang.

Bapak Yusmar Mahmud, S.P., M.Si. selaku ketua penyelenggara PBAK 2019 menjelaskan bahwa “kegitan PBAK ini diharapkan bisa membentuk mahasiswa yang berkarakter dibidang akademik, agamis, kreatif dan memiliki integritas yang tinggi tergadap bangsa dan negara“.

IMG_1759Hari pertama materi yang diusungkan pada tahun 2019 ini  adalah Moderasi Islam yang disampaikan oleh Prof. Dr. Alaidin Koto, M.A., materi kebangsaan yang disampaikan oleh AKBP. H. Imam Saputra, SIK., M.Si.,IMG_1797 dan  Pengenalan Budaya Akademik I disampaikan oleh Dekan Fapertapet (Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D). Pengenalan Budaya Akademik II disampaikan oleh Wakil Dekan I Fapertapet (Dr. Irwan Taslapratama, M.Sc). Pengenalan Budaya Akademik III disampaikan oleh Ketua Program Studi Petenakan Fapertapet (Dewi Ananda Mucra, S.Pt., M.P). Hari kedua materi yang diusung adalah Pengenalan Budaya Akademik IV disampaikan oleh Wakil Dekan II (Dr. Triani Adelina, S.Pt., M.P).  Materi Etika Berorganisasi disampaikan oleh Wakil Dekan II (Dr. Arsyadi Ali, S.Pt., M.Agr. Sc). Pengenalan Budaya Akademik VI disampaikan oleh Ketua Program Studi Agroteknologi Fapertapat (Dr. Syukria Ikhsan Zam, M.Si). Pengenalan Budaya Akademik V disampaikan oleh Ketua Program Studi Gizi Fapertapat (drg. Nurpelita Sembiring). dan terakhir penampilan Minat dan Bakat dari Peserta yang dipandu oleh ketua panitia (yusmar, S.P., M.Si). Setelah penampilan minat dan bakat peserta giring ke masjid untuk sholat berjamaah dan setelah sholat berjamaah langsung menuju lapangan depan Rektorat untuk mengikuti acara penutupan PBAK yang ditutup secara resmi oleh Wakil Rektor III (Drs. H. Promadi, MA., Ph.D).

IMG_2152 IMG_2050 IMG_2027 IMG_1893 IMG_1791 IMG_1768 IMG_1762 IMG_1732

Peserta PBAK dibagi dalam beberapa kelompok yakni kelompok 1 sampai dengan kelompok 10 (perempuan) dan kelompok 11 sampai 20 (laki-laki). Diakhir acara penutupan diumumkannya kelompok terbaik dan peserta terbaik. kelompok terbaik ke 3 diraih olwh kelompok 3, kelompok terbaik ke 2 diraih oleh kelompok 11 dan kelompok terbaik 1 diraih oleh kelompok 1. dan peserta terbaik diraik oleh Lara Meiti Priandana dari Prodi gizi.

IMG_2160
upacara penutupan oleh Wakil Rektor III

 

IMG_2161
Komandan Upacara Abdul Rahman (menwa)

 

IMG_2167
Pelepasan tanda peserta

 

IMG_2199
Penyerahan hadiah terbaik 3 kepada kelompok 3

 

IMG_2211
Penyerahan hadiah terbaik 1 kepada kelompok 1

 

IMG_2205
Penyerahan hadiah terbaik 2 kepada kelompok 11

 

IMG_2220
Penyerahan hadiah kepada peserta terbaik (lara meita priandana)

 

IMG_2223
Foto bersama dengan peserta prodi gizi

 

IMG_2232
Foto bersama dengan peserta prodi agroteknologi

 

IMG_2241
Foto bersama dengan peserta prodi peternakan

 IMG_2178

About FPP FPP

Check Also

Turut Berduka Cita atas Wafatnya Ibu Azmiati, S.Ag., M.Ag

إنا لله وإنا إليه راجعون ‎البقاء الا لله وحده Keluarga besar Fakultas Pertanian dan Peternakan …