Upacara Puncak Peringatan Hari Pahlawan 2015 UIN Suska Riau; Menggelorakan kembali semangat Kepahlawanan

uin-suska.ac.id – memperingati hari Pahlawan dilingkungan UIN Suska Riau tahun 2015 ini, terasa agak berbeda. Memang seperti diungkapkan Humas UIN Suska Riau Yulizar, MA kepada Suska News, “tahun ini kita ingin mencoba menggelorakan kembali semangat kepahlawanan di UIN Suska Riau” ungkap Yulizar semangat.

Setelah sebelumnya, Senin (9/11/2015) dilakukan acara tabur bunga di taman makan pahlawan Kusuma Dharma, Pekanbaru. Puncaknya bertepatan hari pahlawan Selasa (10/11/2015), digelar upacara peringatan Hari Pahlawan yang diikuti para pimpinan, pengawai dan civitas akademika UIN Suska Riau.

Dalam upacara yang berlangsung khidmat pagi itu, Rektor UIN Suska Riau selaku inspektur upacara dalam hal ini di wakili WR III UIN Suska Riau, Dr Tohirin, M.Pd dalam amanatnya menyampaikan, banyak hal yang bisa kita pelajari dari sosok pahlawan. Diantaranya keteladanan pahlawan-pahlawan kita dalam berkorban, baik harta, jiwa bahkan nyawa sekalipun demi kemerdekaan Indonesia.

Para pahlawan kita berjuang tanpa pamrih demi bangsa, tanpa mengenal suku dan golongan. Inilah yang harus kita jewantahkan dengan meneladani semangat perjuangan itu. Tentunya dengan dilandasi semangat nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini sangat penting, seiring kebijakan pemerintah yang ingin kembali menggalakkan kewajiban bela negara ditengah masyarakat Indonesia. Sebaliknya, boleh jadi kebijakan pemerintah ini juga dilandasi semakin berkurangnya nasionalisme dan patriotisme ditengah masyarakat kita saat ini.

Melihat fenomena hari ini, masyarakat kita begitu mudah terprovokasi, tersulut persoalan-persoalan kecil dan sepele. Oleh karena itu, sempena hari pahlawan ini kita gelorakan kembali keikhlasan dan semangat patriotisme pahlawan. Kita sadari kita adalah bangsa yang heterogen, namun keberagaman itu sebenarnya merupakan salah satu bentuk nikmat Allah SWT. Ungkap Tohirin.

Upacara peringatan hari pahlawan ini pun terasa begitu khidmad dan lancar, dan didukung penuh oleh Menwa 042 Indra Bumi UIN Suska Riau.***

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

About FPP FPP

Check Also

Perkuliahan Minggu Kedua Semester Genap T.A. 2023/2024

Selamat menjalani Perkuliahan Minggu Kedua Semester Genap T.A. 2023/2024