FPP SILATURRAHIM MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1437

100_3460Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Rabu 01/06/2016 menyelenggarakan silaturrahim untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1437 H. yang beberapa hari lagi. acara tersebut dihadiri oleh seluruh Pejabat, dosen dan Staf yang ada di FPP. dengan mendatangkan Ustadz Dr. John Pamil, M.A untuk memberi tausiah menyambut bulan suci ramadhan.

beliau mengatakan “Menyambut Bulan Suci Ramadhan Merupakan tradisi di masa Rasulullah, pada saat akhir bulan Sya’ban para sahabat berkumpul di masjid untuk mendengar khutbah penyambutan Ramadhan. Saat itu dimanfaatkan oleh kaum Muslimin untuk saling meminta maaf di antara mereka. Seorang sahabat kepada sahabatnya, seorang anak kepada orang tuanya, seorang adik kepada kakaknya, dan seterusnya. Mereka ingin memasuki bulan Ramadhan dengan tanpa beban dosa. Mereka ingin berada dalam suasana Ramadhan yang disucikan itu dalam keadaan suci dan bersih.

100_3461Telah ada contoh dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau dahulu memberi berita gembira pada para sahabatnya dengan kedatangan Ramadhan. Beliau bersabda,

جاءكم شهر رمضان, شهر رمضان شهر مبارك كتب الله عليكم صيامه فيه تفتح أبواب الجنان وتغلق فيه أبواب الجحيم… الحديث


“Telah datang pada kalian bulan Ramadhan, bulan Ramadhan bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa didalamnya. Pada bulan itu dibukakan pintu-pintu surga serta ditutup pintu-pintu neraka….” (HR. Ahmad)”,.

lanjut ustadz mengatakan “Dan sungguh demikian pula as-salaf ash-shalih dari kalangan sahabat dan tabi’in, mereka sangat perhatian dengan bulan Ramadhan dan bergembira dengan kedatangannya. Maka kebahagiaan manakah yang lebih agung dibandingkan dengan berita dekatnya bulan Ramadhan, moment untuk melakukan kebaikan serta diturunkannya rahmat,”. ujarnya.

100_3459

 

 

as/fpp

 

About FPP FPP

Check Also

Perkuliahan Minggu Kedua Semester Genap T.A. 2023/2024

Selamat menjalani Perkuliahan Minggu Kedua Semester Genap T.A. 2023/2024